Bahasa Pemrograman Blogspot

This item was filled under

Dari yang pernah disinggung pada postingan sebelumnya mengenai sedikit pengantar tentang website, mungkin sudah bisa memberikan gambaran buat pembaca tentang dasar pembuatan sebuah website itu sendiri yaitu menggunakan sebuah bahasa pemrograman website. Lalu bagaimana dengan blogspot? Blogspot sendiri menggunakan sebuah bahasa pemrograman XML (Extensible Markup Language), yaitu sebuah bahasa markup yang digunakan untuk mendefenisikan dan mendeskripsikan sebuah data. XML bisa dikatakan memiliki persamaan dengan HTML, namun ada perbedaan mendasar dalam penggunaannya. Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan tag-tag markup untuk mendeskripsikan (sebagai informasi) sebuah data. Namun, perbedaannya terletak pada tag-tag markup itu sendiri. Jika dalam HTML kita dikenalkan oleh tag-tag yang sudah didefenisikan dan dibakukan terlebih dahulu dan kita hanya boleh menggunakan tag-tag tersebut, maka di dalam XML tidak ada tag-tag baku atau standar dan kita bebas membuat tag-tag sendiri untuk mendefenisikan data-data kita. Contoh bentuk XML bisa dilihat sebagai berikut:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<pesan>
<dari>Penulis>/dari>
<untuk>Pembaca</untuk>
<
subjek>Datang Lagi</subjek>
<isi>Sering-sering datang lagi ya</isi>
>pesan>

Tag-tag seperti <pesan>, <dari>, dan lain-lain merupakan tag-tag markup yang kita buat sendiri untuk mendefeniskan data-data kita, seperti Penulis, Pembaca, dan seterusnya.
Coba pembaca bandingkan dengan contoh-contoh tag HTML yang diberikan pada pengantar tentang HTML di postingan sebelumnya. Tag-tag markup seperti <table>, <marquee>, dan lain-lain merupakan tag-tag markup yang sudah dibakukan terlebih dahulu dan kita tinggal menggunakannya.
Perbedaan ini sebenarnya juga didasari dari penggunaan bahasa pemrograman itu sendiri. HTML digunakan untuk menampilkan data-data dan membuat bagaimana data itu ditampilkan, sedangkan XML hanya sebatas mendefenisikan dan menggambarkan sebuah data. Jadi, dalam implementasinya, perlu aplikasi untuk mengirim dan menerima, atau menampilkan data-data dalam tag-tag XML itu untuk memberikan informasi dari data-data tersebut.
Saya rasa segitu dulu sedikit pengantar tentang bahasa pemrograman blogspot. Diharapkan bisa memberikan gambaran awal mengenai website dan mengerti tentang blog sebagai sebuah website. Tapi perlu ditegaskan di awal bahwa kita tidak murni menggunakan XML tersebut untuk membangun sebuah blog kita. Tapi HTML yang dikenal sebagai bahasa markup yang sederhana tetap bisa diimplementasikan dalam sebuah blog yang akan kita desain dan gunakan.


Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

27 komentar on "Bahasa Pemrograman Blogspot"



Post a Comment