Lebih Jauh Mengenal Layout Blogpot (1)

This item was filled under

Hampir 3 minggu blog ini tidak ter-update sama sekali. Ujian akhir semester memaksa untuk "nyuekin" halaman-halaman seluas layar komputer ini. Minta maaf ya buat pada pembaca tercinta. Semakin cepat tamat kuliahkan semakin punya banyak waktu untuk membagikan ilmu kepada pembaca sekalian, ya gak? :).
Pada postingan ini kita akan mencoba berkenalan dengan layout blogpot, mempelajari bentuk dan bagian-bagian dalam maupun luarnya. Eiittss..apaan tuh? :).
Bagi pembaca yang sudah mendownload panduan menggunakan blog di blogspot dari blog ini, tentu sudah pernah mengetahui bahwa layout dari template blogspot terbagi atas 4 bagian, yaitu header, sidebar, mainbar, dan footer. Silahkan pembaca buka halaman layout blog pembaca dengan memilih tabmenu Tata Letak pada dasbor akun blogspot pembaca. Seperti pada postingan yang membahas tentang hosting dan domain, dimana kita menganalogikan sebuah website seperti sebuah rumah, maka pada postingan ini layout-layout pada website seperti blog secara umum akan kita ibaratkan seperti denah pada rumah tersebut. Denah sebuah rumah biasanya terdiri dari teras depan, dapur di belakang, ruang tamu, bagian samping kiri atau kanan, dan lain-lain. Denah sebuah website misalnya sebuah blog juga terbagi-bagi seperti denah pada rumah tersebut dan digunakan sebagai tempat menampilkan konten blog kita. Karena layout atau denah sebuah website biasanya berbeda-beda antara yang satu yang lain dan tergantung pada keinginan pemilik website, maka saya akan menjelaskan secara general saja layout atau denah sebuah website. Seperti denah rumah pada umumnya, bagian-bagian website seperti blogspot juga mempunyai fungsi masing-masing. Coba pembaca perhatikan kembali halaman Tata Letak yang telah pembaca buka tadi. Berikut screenshoot halaman Tata Letak :
Beberapa fungsi dari bagian-bagian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Header biasanya berfungsi untuk menampilkan nama, logo, maupun deskripsi dari blog. Informasi tersebut biasanya ditampilkan pada header dengan maksud agar terlihat pada setiap halaman blog. Header diharapkan bisa memberikan gambaran singkat mengenai sebuah blog ketika pengunjung pertama kali membukanya sebelum membaca isi dari blog tersebut.
  • Bagian mainbar merupakan bagian utama dari sebuah blog dimana pada bagian inilah postingan kita akan ditampilkan secara berurutan.Pada blogspot baru, mainbar juga bisa berfungsi sebagai tempat menulis komentar dan menampilkan komentar-komentar tersebut.
  • Sidebar merupakan bagian blog yang berada di sisi blog sebelah kanan ataupun kiri, bahkan ada juga di sisi atas atau bawah (tergantung template blog yang dipakai). Biasanya sidebar berfungsi sebagai tempat menampilkan elemen-elemen tambahan, misalnya kalender, foto profil, dan lain-lain. Pada blogspot, elemen-elemen tambahan ini disebut sebagai gadget. Kita bisa menambahkan pada blog kita gadget baru yang telah disediakan oleh blogspot. Dibagian side mana sajakah kita bisa menambahkan gadget baru? Gadget bisa ditambahkan jika pada side tersebut terdapat fungsi "Tambah Gadget".
    Link yang ditunjukkan oleh tanda panah merah diatas merupakan link yang berfungsi untuk menambah gadget baru. Karena pada sidebar tersebut terdapat fungsi Tambah Gadget, berarti kita bisa menambahkan gadget pada sidebar tersebut.
    Untuk melakukan penambahan sebuah gadget baru, silahkan klik link tersebut. Maka akan muncul halaman yang berisi list gadget yang telah disediakan oleh blogspot.
  • Footer merupakan bagian yang terletak dibagian bawah halaman blog. Biasanya elemen ini berfungsi untuk menampilkan lisensi dari blog kita, misalnya copyright, link sumber template, designer template, dan lain-lain.
Penjelasan diatas merupakan gambaran bentuk dan tata letak dari template blog yang kita gunakan jika dilihat dari luar. Bagaimana sebenarnya layout-layout tersebut disusun? Pembaca tentu ingat bahwa sebuah website didesain dengan menggunakan bahasa pemrograman web, dimana digunakan tag-tag yang memberikan instruksi bagaimana sebuah website akan ditampilkan. Pada blogspot, layout yang kita gunakan sebenarnya terdiri dari 2 bagian besar, berupa kepala dan badan. Hal ini bisa pula kita ibaratkan seperti tubuh manusia. Tubuh manusia bisa dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu kepala dan badan (dari leher sampai ujung kaki), dimana kepala merupakan bagian yang berisi informasi yang disimpan di otak dan berfungsi untuk mengatur gerakan badan kita. Sedangkan badan merupakan bagian yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan aktivitas. Pada sebuah website seperti halnya sebuah blog, kepala ini disebut sebagai head dan badan disebut sebagai body. Bagian head dibatasi oleh tag <head> dan tag </head>. Sedangkan bagian body dibatasi oleh tag <body> dan tag </body>. Dibagian head inilah kita akan menyisipkan informasi yang akan digunakan untuk mengatur body dari blog tersebut. Salah satunya adalah struktur CSS yang digunakan untuk mengatur tampilan blog kita. Bagi pembaca yang mungkin masih bingung dengan yang namanya CSS, bisa membaca pada postingan yang ini dan yang ini. Nah, body itu sendiri merupakan bagian blog kita yang akan terlihat pada browser. Dibagian inilah kita kita menampilkan header, sidebar, mainbar, dan footer sebagai tempat kita menampilkan konten blog kita.



Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

6 komentar on "Lebih Jauh Mengenal Layout Blogpot (1)"



Post a Comment