Lebih Jauh Mengenal Layout Blogpot (2)

This item was filled under

Postingan ini merupakan bagian ke-2 dari posting yang membahas layout blogpot. Jika dibagian pertama kita membahas sampai pada pembagian layout blog berupa head dan body, maka pada postingan ini kita melanjutkan mempelajari lebih dalam lagi bagaimana isi dari head dan body tersebut dibentuk.
Pertama-tama, silahkan login terlebih dahulu untuk masuk ke akun blogpot pembaca. Pada bagian dasbor, klik menu Tata Letak, kemudian pilih tab submenu Edit HTML. Pembaca akan melihat sebuah kotak yang berisi struktur bahasa pemrograman blog. Pada kotak tersebut kita bisa melihat bagian mana saja yang berada dibagian head dan bagian body. Sebagai contoh saya akan menunjukkan salah satu bagian yang terdapat dibagian body:

<b:section class='sidebar' id='sidebar2' showaddelement='yes'>
<b:widget id='Label1' locked='false' title='Categories' type='Label'/>
</b:section>

Untuk membuat sebuah elemen pada body dari layout blogspot, baik itu pada header, mainbar, sidebar , maupun footer, terlebih dahulu kita membuat sebuah section sebagai tempat elemen tersebut didesain.
Struktur diatas merupakan struktur bahasa untuk membuat sebuah elemen berupa label yang berfungsi untuk menampilkan label (kategori) dari posting pada blog kita.
  • Baris pertama menunjukkan bahwa elemen kategori tersebut ditempatkan pada sebuah section (bagian) dengan id=sidebar2 dan class=sidebar. Sedangkan showaddelement='yes' menunjukkan bahwa pada section tersebut akan terdapat fungsi Tambah Gadget, sehingga kita bisa menambahkan gadget (elemen) baru pada section tersebut.
  • Baris kedua menunjukkan gadget yang dibuat pada section tersebut, yaitu berupa widget dengan tipe label dan diberi judul Categories. Tipe menunjukkan jenis widget, sedangkan title menunjukan judul yang kita beri pada widget tersebut.
  • Baris ketiga merupakan tag penutup untuk membuat section.
Seperti itulah pembentukan sebuah elemen pada layout blogspot. Lantas, apakah sesederhana itu? Ho..ho..tentu tidak. Sebenarnya masih ada pengaturan-pengaturan yang diberikan pada elemen-elemen tersebut. Coba perhatikan kolom centang yang bertulisakan "" yang ada disebelah kanan atas kotak kode-kode tersebut. Silahkan pembaca beri centang pada kolom tersebut. Pembaca akan melihat struktur kode yang berbeda dengan yang sebelum dicentang. Sebenarnya fungsi kode tersebut sama, baik sebelum dicentang maupun sesudah dicentang. Kita hanya memperluas tampilan struktur pembentukan elemen-elemen blog kita. Dengan memperluasnya, kita bisa melihat secara lengkap struktur bahasa dalam memdesain elemen-elemen blog kita. Kita juga bisa melakukan pengaturan-pengaturan lebih detail pada elemen-elemen tersebut.
Mungkin pembaca yang masih baru akan merasa sedikit pusing berhadapan dengan kode-kode tersebut. Itulah salah satu kenikmatan menggunakan blogspot, dimana jika kita tidak mau bersentuhan dengan kode-kode tersebut, maka kita bisa mengatur layout blog kita cukup lewat tab submenu Elemen Halaman. Namun, jika pembaca ingin mempelajari dan mengatur layout dari template yang pembaca gunakan secara lebih detail lagi, maka kita bisa melakukannya melalui tab submenu Edit HTML ini.


Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

8 komentar on "Lebih Jauh Mengenal Layout Blogpot (2)"



Post a Comment