Cara Membuat Widget Status Twitter pada Blog

This item was filled under ,

T
au kan yang namanya Twitter? Situs jejaring yang sangat popular, bahkan lebih dulu populer dibandingkan Facebook yang sekarang lagi booming di Indonesia. Di Twitter.Com kita bisa share info atau keadaan kita lewat status yang kita tulis. Nah, kali ini, saya akan membagikan cara menambah sebuah widget status Twitter pada blog Anda. Dengan adanya widget (komponen yang ditambah pada blog) ini diharapkan pengunjung blog Anda juga bisa melihat update status Anda pada Twitter. Sekalian bisa dijadikan untuk menambah follower (julukan untuk teman pada Twitter). Prinsip kerja widget status Twitter ini mirip dengan widget profil yang dipasang pada blog yang pernah kita bahas di sini.

Oke, berikut cara menambahkannya:
  1. Login pada akun Twitter Anda.
  2. Klik menu Setting pada bagian kanan atas.
  3. Pada tab Account, lihat bagian More Info URL. Klik link You can also add your Twitter to your site here.


  4. Pada bagian "Widget for.." pilih My Website. Di sana akan terlihat beberapa pilihan widget untuk website. Silahkan pilih Profile Widget.

  5. Selanjutnya Anda akan masuk pada halaman Customize Your Profile Widget. Ada beberapa menu kostumisasi (pengaturan) di sana.
    • Setting : isi dengan username Twitter Anda
    • Preference : merupakan pengaturan fitur pada widget
    • Appearance : merupakan pengaturan tampilan widget Twitter. Silahkan sesuikan dengan tampilan blog Anda agar lebih menarik.
    • Dimensions : mengatur ukuran widget.
  6. Jika sudah cukup, silahkan klik tombol Finish & Grab Code yang ada di sebelah bawah. maka pada halaman yang sama akan dimunculkan kode widgte Twitter yang Anda miliki.

  7. Kode itulah yang Anda tambahkan pada website atau blog Anda untuk memunculkan widget status Twitter tersebut. Caranya:
    Untuk Wordpress CMS:
    • Login pada dashbord Wordpress Anda
    • Klik menu Widgets yang ada pada bagian Appearance
    • Tambahkan widget Text pada Wordpress Anda.
    • Selanutnya copy paste kode yang Anda dapat dari langkah 6 di atas pada widget Text tersebut, lalu Save. 
    (NB: cara tersebut hampir sama jika Anda menambahkan pada website non blog yaitu dengan meng-copy paste pada bagian website dimana Anda ingin menempatkan widget Twitter tersebut)
    UntukBlogspot:
    • Perhatikan bagian bawah kode yang Anda lihat pada langkah 6 di atas. Di bawah kotak kode tersebut terlihat tombol Add to Blogger yang ada logo Blogspot-nya.
    • Klik tombol tersebut untuk menambahkan widget status Twitter pada Blogspot Anda. Anda akan diarahkan pada halaman penambahan widget pada Blogspot. Silahkan pilih blog Anda dan atur nama widgte tersebut. 
    • Klik tombol Menambah Widget.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

25 komentar on "Cara Membuat Widget Status Twitter pada Blog"



Post a Comment