Menikmati Musik dari Diri Sendiri

This item was filled under ,

B
anyak orang yang bilang bermain musik merupakan sebuah talenta. Tapi bagi saya, talenta itu gak akan terlihat kalau tidak diasah. Kalimat tersebut terkadang justru membuat banyak orang menjadi patah semangat ketika belajar memainkan alat musik. Ketika mulai kesulitan, maka mereka akan merasa bahwa mereka tidak memiliki talenta.

Bagi sebagian orang, musik bukanlah sebatas bagaimana bisa memainkan alat musik sampai benar-benar mahir, tetapi bagaimana kemampuan kita berkreasi sehingga membuat orang senang untuk mendengarnya. Hal ini sebenarnya pernah saya buktikan. Saya mempunyai seorang teman yang begitu mahir bermain gitar. Namun, kami rekan-rekannya hanya sebatas kagum dengan kecepatan tangannya. Tapi ternyata dia tidak mampu mengiringi lagu populer saat itu yang sebenarnya sangat senang kami nyanyikan kalau sedang berkumpul-kumpul. Justru dengan memainkan gitar dengan sederhana tapi bisa mengiringi lagu yang disukai oleh orang lain sebagai penikmat musik, musik kita bisa lebih disukai.

Hal ini banyak tidak disadari oleh orang yang ingin belajar musik. Mereka cenderung memaksakan diri agar bisa menyamai kemampuan orang lain. Hal tersebut sah-sah saja. Tapi jangan terlalu dipaksakan. Seharusnya kita bermain sebatas kemapuan kita saja karena yang paling utama adalah bagaimana kita dan orang lain menikmatinya.

Saya sendiri sangat senang belajar tentang musik, bahkan saya sedang mempelajari bagaimana membuat lagu daerah yang kesannya tradisional dan kuno bisa dinikmati oleh anak muda jaman sekarang. Hal tersebut sebenarnya cukup sulit. Tetapi menurut saya itu bisa dilakukan dengan mempelajari terlebih dahulu lagu populer jaman sekarang yang sedang disukai oleh kalangan anak muda. Dengan mempelajarinya, kita ingin tahu musik seperti apa yang ada dalam lagu itu yang disukai oleh anak muda sekarang, dan bisakah musik seperti yang ada pada lagu populer tersebut dimasukkan kedalam lagu tradisional? Sedangkan masalah lirik lagu sendiri tidaklah sulit, sebab lirik lagu tradisional dengan lirik populer yang ada sekarang bisa sama-sama disukai asalkan disajikan dengan musik yang benar-benar cocok dengan suasana pendengarnya.

So, jangan pernah menyerah jika belajar musik. Kita punya aliran masing-masing, dan nikmatilah itu.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

3 komentar on "Menikmati Musik dari Diri Sendiri"



Post a Comment