Apa Itu Google Friend Connect (GFC)?

This item was filled under

Google Friend Connect (GFC) mungkin sudah tidak asing lagi bagi pembaca. GFC merupakan layanan social networking berbasis website yang diluncurkan oleh Google. Dengan layanan ini, kita para pemilik website termasuk blog bisa terhubung satu sama lain dan saling berinteraksi sehingga membentuk sebuah komunitas (networking). Layanan ini mirip dengan facebook atau friendster, namun lebih fokus untuk networking website. Yang menarik adalah GFC memungkinkan kita terhubung dengan menggunakan akun Google, Yahoo, AIM, bahkan Open ID.

Berebepa aktivitas yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan GFC antara lain:
  1. Kita bisa menunjukkan profil akun kita melalui GFC kepada sesama member
  2. Memungkinkan orang lain bergabung pada komunitas kita
  3. Berinteraksi dengan orang lain melalui GFC baik dengan memberikan komentar maupun memberikan rating terhadap website milik teman
  4. Menambahkan link website yang ingin kita ikuti
  5. Menunjukkan link website yang kita ikuti kepada teman
  6. Mengundang teman untuk join pada komunitas GFC kita
  7. Bahkan kita juga bisa men-share website melalui akun social network lainnya seperti facebook, MySpace, Twitter, Digg, dan masih banyak lagi.
Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari layanan GFC ini antara lain:
  1. Kita bisa membentuk komunitas dengan orang lain di internet sehingga bisa mendapatkan banyak teman, berinteraksi dengan memberi komentar dan berbagi link website.
  2. Meningkatkan trafik website dimana GFC semakin memungkinkan sesama anggota bisa lebih mudah untuk berkunjung ke website-website anggotanya. 
  3. Pada blogger, Anda bisa mengetahui posting terbaru melalui dasbor dari website yang Anda ikuti. Begitu pula sebaliknya, dimana posting terbaru blog Anda bisa dengan cepat diketahui oleh anggota komunitas GFC Anda sehingga peluang mereka untuk berkunjung ke blog Anda semakin besar.
Mungkin pembaca yang baru mengetahui ingin tahu ya bagaimana sih sebenarnya bentuk dari GFC ini? Coba perhatikan sidebar di sebelah kanan blog saya ini yang berjudul Follow to Get Tutorial Website Updates. Bagian tersebut merupakan salah satu widget GFC yang gunanya untuk menunjukkan menber komunitas GFC saya. Jika anda ingin menambahkan link blog saya sekaligus menjadi teman dalam komunitas GFC bersama saya, silahkan klik tombol Follow. Atau pembaca dapat melihat blog pribadi saya di www.banditbatak.com , dibagian footer pembaca akan melihat sebuah widget dari GFC dimana Anda juga bisa memberikan komentar melalui widget tersebut.

Inti dari kegunaan GFC bisa digambarkan seperti di bawah ini:
Bagaimana cara mendapatkan layanan Google Friend Connect (GFC) dan menambahkan widget Google Friend Connect pada website sehingga bisa membuat komunitas bersama jutaan pemilik website di internet? Tunggu di postingan berikutnya. Silahkan follow dan langganan tutorial website ya :)

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

8 komentar on "Apa Itu Google Friend Connect (GFC)?"



Post a Comment