Situs Yang Menyediakan Kode Warna CSS untuk Web

This item was filled under

Sebagian pembaca mungkin sudah akrab dengan istilah "kode warna CSS (Cascading Stylesheet) untuk web". Sangat saya sarankan bagi pembaca yang mungkin belum mengerti apa itu CSS untuk membuka postingan mengenai CSS terlebih dahulu. Anda boleh membukanya disini dan disini. Salah satu yang kita singgung disana terutama pada postingan tentang cara membuat CSS pada website adalah mengenai kode yang digunakan untuk membuat warna. Warna-warna yang kita kenal selama ini sebenarnya mempunyai kode-kode tertentu untuk masing-masing warna. Misalnya warna putih mempunyai kode: #FFFFFF atau #ffffff, warna hitam mempunyai kode: #000000, dan sebagainya. Tipe kode tersebut disebut sebagai Hexadecimal Color Code.

Jika kita pernah menggunakan software desain grafis seperti Photoshop, Coredraw, atau Macromedia Flash, kode-kode tersebut akan tersedia lebih lengkap. Begitu pula software desain website seperti Dreamweaver atau Frontpage yang kita gunakan ketika membuat halaman website. Namun bagaimana jika suatu saat kita memerlukan kode suatu warna, misalnya untuk membuat CSS, namun tidak mempunyai software-software tersebut? Tentu sangat repot jika harus menghafal semua kode-kode warna itu. Kecuali kalau pembaca lagi haus hafalan.He3x. Hanya sebagian saja warna bisa dikenali oleh komputer meskipun menyebutnya dengan "nama" warna itu, seperti putih, hitam, biru, hijau, dan warna-warna umum lainnya. Maksudnya kita bisa menggunakan "nama" warna tersebut untuk membuat warna tanpa menggunakan kode-kodenya. Misalnya, untuk warna putih kita bisa menggunakan "white" sebagai pengganti "#FFFFFF" (nama yang bisa digunakan adalah nama Inggrisnya).

Namun, pembaca tidak perlu pusing karena di internet sudah banyak situs yang menyediakan kode-kode warna tersebut secara online. Salah satu situs yang menyediakan kode warna tersebut adalah http://www.colorschemer.com/online.html.


Disana sudah tersedia pilihan warna yang ingin pembaca ketahui kode-kodenya sehingga ketika ingin membuat CSS, pembaca tinggal menggunakannya tanpa harus menginstal software-software grafis terlebih dahulu.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

18 komentar on "Situs Yang Menyediakan Kode Warna CSS untuk Web"



Post a Comment