Mendapatkan Free Domain

This item was filled under

Mendapatkan free domain sebenarnya tidaklah sulit. Saat ini sudah banyak provider yang mau memanjakan pengguna internet khususnya orang-orang yang ingin mempunyai website dengan memberikan layanan domain gratis pada mereka. Tapi perlu diperhatikan bahwa gratis disini sebenarnya tidak 100%. Sama juga halnya seperti free hosting yang telah kita bahas sebelumnya. Hal ini pernah saya paparkan kepada pembaca yang terhormat pada blog ini tepatnya pada postingan yang saya tulis di sini. Silahkan dibuka kembali. Tentu ada beberapa batasan gratis dari hosting maupun domain yang kita dapatkan dari provider tersebut.

Salah satu penyedia free domain adalah Blogspot.Com, Wordpress.Com, Multiply.Com, dan provider blog lainnya. Dengan kita membuat sebuah blog pada provider tersebut, kita juga diberikan sebuah free domain (ada juga yang menyebut sebagai free subdomain). Batasan yang harus kita terima adalah nama domain yang masih mengandung "embel-embel" dari provider tersebut, misalnya domain blog tutorial ini yang masih mengandung kata "blogspot.com" dibelakangnya. Begitu pula blog di wordpress dan multiply. Akibatnya nama domain kita menjadi panjang seperti kereta api. Ha3x. Selain provider blog tersebut, ada juga beberapa provider yang memberikan layanan free domain meskipun tidak membuat blog di dalamnya dan kita bisa menggunakan domain tersebut pada website kita yang lain. Selain itu, nama domain yang diberikan juga cukup bagus dan mudah dilafalkan sehingga membuat nama domain kita tidak susah diingat karena tidak terlalu panjang. Dari beberapa situs yang saya kenal, saya rekomendasaikan pembaca untuk mencoba free domain pada provider berikut:
  • www.co.cc. Jika Anda mendaftar di sini, Anda akan mendapatkan sebuah domain dengan nama seperti contoh "banditbatak.co.cc". Namun, layanan gratis yang diberikannya hanya berlangsung 1 tahun. Ini juga jadi pertimbangan buat Anda jika menggunakan layanan free domain dari www.co.cc. Mengapa saya katakan seperti itu? Jawabannya akan saya bahas pada postingan yang akan datang. Namun, tidak ada salahnya jika pembaca mencoba layanan ini. Mungkin bisa digunakan untuk prototipe project web Anda sebelum benar-benar di-launching.
  • www.co.cr. Mirip dengan www.co.cc, nama domain yang akan Anda dapatkan seperti contoh "banditbatak.co.nr". Kalau provider ini saya belum tau pasti apakah benar-benar gratis selamanya atau ada batas waktunya seperti www.co.cc karena saya mencobanya belum genap 1 tahun. Mungkin informasi mengenai provider ini akan saya berikan suatu saat. Atau jika ada pembaca yang punya pengalaman dengan www.co.nr sangat diharapkan agar di-share-kan di sini.
Berdasarkan pengalamannya saya, proses pendaftaran pada www.co.cc lebih ringkas dibanding dengan www.co.nr. Namun, secara keseluruhan semuanya relatif mudah. Apalagi ditambah dengan imbalan bisa mendapatkan domain gratis dari mereka, tentu semua menjadi terasa mudah dan nyaman. He3x.

Bagaimana cara menggunakannya?
Jika kita sudah mendaftar dan mendapatkan sebuah free domain, kita akan diberikan beberapa informasi terkait domain tersebut. Kita akan diberikan sebuah halaman akun untuk mengelola domain gratis milik kita. Salah satu informasi yang akan kita dapatkan adalah DNS (domain name server) yang akan kita gunakan untuk menyesuaikan dengan webserver dimana kita mendapatkan layanan hosting. Selain penggunaan DNS, kita juga bisa memanfaatkan sistem redirect domain pada website kita. Ingin tahu lebih lanjut? Jangan keman-mana. Saya sudah menyiapkan postingannya untuk Anda. Silahkan langganan dan datang kembali. Saya boleh tidur dulu yach...

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

6 komentar on "Mendapatkan Free Domain"



Post a Comment