Cara Setting Free Domain pada Website (2) - untuk Blogspot

This item was filled under ,

Posting ini merupakan rangkaian lanjutan mengenai cara setting free domain pada website. Di bagian sebelumnya kita telah membahas hal serupa namun dikhususkan untuk website yang mempunyai hosting sendiri, yang mana kita contohkan adalah pengaturan free domain co.cc pada Wordpress CMS yang di-hosting-kan secara gratis di www.000webhost.com. Silahkan pembaca tutorial website tersebut di sini. Sekarang kita akan mencoba tutorial website setting free domain untuk blogspot. Sebagai contoh kita akan menggukan free domain dari www.co.cc juga.
Seperti diketahui bahwa pada www.co.cc ini juga terdapat 3 cara pengaturan domain untuk digunakan pada website kita, yaitu:
  1. Manage DNS
  2. Zone Record
  3. URL Forwarding
Untuk setting domain pada Wordpress  CMS yang sebelumnya kita menggunakan cara yang pertama, yaitu Manage DNS. Untuk blogspot, kita akan menggunakan pengaturan Zone Record pada provider www.co.cc. 
  1. Silahkan login kembali ke akun Anda di www.co.cc
  2. Pada bagian Manage Domain, klik domain yang ingin Anda gunakan pada blogspot.
  3. Selanjutnya klik tombol Set up sehingga akan muncul halaman pilihan Set up domain. Maka pilihlah Zone Record
  4. Berikut detail isian yang harus dimasukkan pada detail Add record tersebut:
    • Host. Isi dengan nama domain co.cc yang ingin Anda gunakan, misalnya seperti pada contoh ini adalah "banditbatak.co.cc"
    • TTL. Pilih 1D
    • Type. Pilih CName
    • Value. Isi dengan "gns.google.com"
  5. Klik tombol Set up yang ada di bawahnya.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan domain kustom pada blogspot. Untuk itu silahkan login ke akun blogspot Anda.
  7. Pada dasbor, pilih link menu Pengaturan kemudian pilih submenu Publikasikan. Pada bagian sebelah atas, klik link Domain Kustom.
  8. Selanjutnya Anda akan diminta memilih untuk membeli domain baru. Sementara kita tidak akan melakukannya karena kita akan menggunakan free domain dari www.co.cc yang telah kita atur tadi. Untuk itu, klik link Beralihlah ke pengaturan lanjut yang ada di bagian samping atas form pengecekan domain bayar tersebut.
  9. Anda akan masuk ke bagian Pengaturan Lanjutan. Pada isian Domain Anda, masukkanlah nama free domain dari co.cc yang ingin Anda pakai tersebut.
  10. Selanjutnya klik tombol SIMPAN SETELAN
Anda hanya perlu menunggu paling lama 48 jam agar bisa menggunakan free domain tersebut pada blogspot. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan cara ketika yaitu URL Forwarding untuk setting free domain pada blogspot. Cara ini memang sedikit lebih mudah dibandingkan 2 cara sebelumnya. Namun, ada ketidaknyamanan jika menggunakan cara ini. Berdasarkan pengalaman, jika menggunakan cara ini, favicon blog kita akan berganti menjadi favicon milik co.cc. Selain itu, pada title blog kita, akan ada tambahan kata "Powered by co.cc". Tentu hal ini membuat blog kita menjadi kurang menarik. Alasan lain untuk tidak menggunakan cara ini adalah karena dukungan dari blogspot juga yang menyediakan layanan Domain Kustom yang memperbolehkan kita melakukan penyesuaian server domain dengan server blogspot yang merupakan layanan blog dari Google.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

4 komentar on "Cara Setting Free Domain pada Website (2) - untuk Blogspot"

  • kalau kita jeli saat registrasi domain, sebenarnya .co.cc tidak selamanya gratis. disana hanya tertulis kurang lebih '1 year free'. lewat masa satu tahun harus bayar $3. cukup murah juga ketimbang .com. dan .co.cc bisa jadi alternatif untuk belajar sebelum menggunkana .com

    dalam per-SEO yang paling inti adalah 2 hal berikut:
    -jurus SEO dari dalam: meliputi konten dengan keyword yang dikejar. baik judul, postingan, gambar, dsb
    -jurus SEO dari luar yaitu mengumpulkan backling dengan keyword/kata kunci yang dikejar. jadi kalao tukeran link mending minta keyword kontes, jangan pakai ketword nama/nick
    sekian semoga bermanfaat

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata, telinga dan waktu anda ...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet
  • Woww... semakin banyak subscriber mu lae.. anyway, gimana dengan rencana kita?
  • @Gadget and Technology:
    terima kasih infonya mas. Seperti yang sempat saya singgung bahwa kita juga akn membahasnya disini. Info dari Anda sangat membantu.

    @lae manurung:
    bah, aq justru nungguin itu lae..hehehe..kapan kita mulai mengerjakannya?
  • @helnes, hmm... sebenarnya aku masih sibuk2nya dengan proyek flex lae. sampai bulan juni nanti. Tapi klo lae mau buat themes blogspot/wordpress dulu. bolehlah. ntar kita publish di sana.


Post a Comment