Membuat Icon Emotion pada Kotak Komentar dan Posting di Wordpress CMS

This item was filled under

K
etika menulis posting atau komentar, saya yakin pembaca pernah bahkan sering menuliskan tanda/kode tertentu untuk menunjukkan ekspresi. Misalanya kode ":)" untuk menunjukkan senyuman, kode ":(" untuk menunjukkan kesedihan, dan lain sebagainya. Menurut saya, kode-kode tersebut kurang bisa mewakili ekspresi kita secara keseluruhan. Selain karena kurang menarik, banyak orang yang tidak paham dengan kode-kode tertentu, dan banyak ekspresi yang tidak bisa ditunjukkan dengan kode-kode tersebut.

Kode-kode itu sebenarnya bisa kita ganti dengan icon emotion. Bagi pembaca yang pernah chatting dengan YM atau program chatting lainnya, pasti sudah kenal dengan icon emotion ini. Icon emotion merupakan sebuah gambar kecil yang bisa menunjukkan ekspresi. Icon ini menggantikan kode-kode yang biasa kita gunakan seperti yang saya sebut di atas. Misalnya kode ":)" yang dibuat untuk menunjukkan senyuman bisa diganti dengan icon --> .

Di bagian ini saya akan memperkenalkan sebuah plugin Wordpress CMS yang berfungsi untuk membuat icon emotion pada kotak komentar dan juga posting. Saya sengaja memilih ini karena beberapa kelebihan, di antaranya:
  1. Selain bisa membuat icon emotion pada komentar, juga bisa digunakan pada posting. Sehingga posting yang kita tulis juga bisa mengandung icon emotion ini.
  2. Kita tidak perlu menambah kode pemrograman PHP tertentu pada file website. Kita cukup meng-copy plugin-nya lalu mengaktifkannya.
  3. Terdapat banyak bentuk icon emotion yang keren dan lucu yang bisa kita pakai. Sehingga kita bisa mengganti ke bentuk yang lainnya jika sudah bosan dengan bentuk yang sebelumnya.
Plugin ini ada 2 bagian. Keduanya sebaiknya diinstall agar semakin menambah kecanggihan website Anda.
  1. Smilies Themer. Plugin ini berfungsi untuk merubah kode-kode ekspresi menjadi berbentuk icon emotion. Dengan kata lain, plugin inilah yang berfungsi mengkonvert kode-kode ekspresi menjadi berbentuk icon. Silahkan download.
  2. Smilies Themer Toolbar. Untuk menampilkan icon emotion pada posting dan komentar, kita masih perlu menulis kode-kode ekspresi, baru kemudian kode-kode tersebut dikonvert menjadi icon oleh plugin Smilies Themer di atas. Namun, dengan bantuan Smilies Themer Toolbar ini, kita tidak perlu menulis kode-kode itu karena ada banyak kode ekspresi yang tentu sulit mengingat semuanya. Kita cukup mengklik toolbar emotions. Toolbar ini bisa muncul pada kotak komentar dan juga pada halaman pembuatan posting. Silahkan download.
Berikut langkah-langkah menggunakannya:
  1. Extract terlebih dahulu kedua paket plugin yang telah Anda download tadi. Copy paste plugin tersebut ke dalam website Anda untuk menginstallnya. Masukkan ke dalam folder ".../wp-content/plugins/".
  2. Selain cara No. 1 di atas, cara menginstall plugin juga bisa dilakukan melalui dashboard Wordpress CMS. Loginlah ke dalam dashboard website Wordpress CMS Anda. Klik menu Add New yang ada di bagian Plugins di sebelah kiri dashboard. Pada bagian install a plugin in .zip format, klik tombol Browse kemudian cari dan pilih plugin Smilies Themer yang Anda download tadi. Namun, file tersebut tidak perlu di-ekstract, tetapi tetap berbetuk .zip. Kemudian klik tombol install Now. Lakukan hal yang sama untuk plugin Smilies Themer Toolbar.



  3. Masih pada dashboard, klik menu Inslalled pada bagian Plugins. Aktifkan kedua plugin tersebut dengan mengklik link Activate.


  4. Pada bagian Settings Anda akan melihat terlah bertambah 1 buah menu bernama Smilies Themer. Klik menu tersebut, kemudian pilih bentuk icon emotion yang Anda inginkan.
  5. Pada bagian kotak komentar akan muncul icon emotion dari plugin Smilies Themer Toolbar yang telah Anda install. 
  6. Begitu pula di halaman pembuatan posting baru. Anda akan melihat toolbar yang berisi icon emotion yang bisa Anda gunakan pada posting. Anda cukup mengklik icon tersebut.
Sebagai contoh silahkan klik di sini.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

22 komentar on "Membuat Icon Emotion pada Kotak Komentar dan Posting di Wordpress CMS"



Post a Comment