Cara Melakukan Backup Website atau Blog

This item was filled under ,

M
elakukan backup website, termasuk pula blog, sangat penting kita lakukan. Banyak alasan kenapa kita wajib melakukan backup website, baik database website maupun keseluruhan file website tersebut. Salah satunya adalah sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan pada website kita. Hal ini sudah sangat sering saya alami. Bahkan, beberapa waktu lalu, salah satu website yang saya buat diserang oleh hacker. Akibatnya, database dan tampilan website menjadi rusak.

Untungnya website tersebut saya hostingkan pada hosting berbayar karena memang milik salah satu klien yang memesan website pada saya. Salah satu layanan dari provider hosting tersebut adalah mereka melakukan backup website yang ber-hosting ditempatnya secara berkala. Akhirnya, meskipun dengan manual recovery, website tersebut dapat dikembalikan seperti semula. Hal itu tentu menjadi contoh kelebihan hosting berbayar dibandingkan dengan hosting gratis.

Namun, bagaimana pula dengan kita yang masih menggunakan layanan hosting gratis atau blog gratis? Tentu fasilitas backup website yang dilakukan oleh provider hosting gratis tersebut tidak ada. Artinya, kita harus melakukan backup website secara manual. Namun, sebenarnya backup website tidaklah sulit. Berikut beberapa cara sederhana yang mungkin bisa pembaca gunakan:

UNTUK BLOGSPOT:
A. Backup Posting (tulisan) + Komentar:
  1. Login pada akun blogspot Anda. Pada dasbor, klik link menu Pengaturan.  
  2. Kemudian klik subtab Dasar.  
  3. Pada bagian Alat Blog, klik link "Ekspor Blog". Selanjutnya akan muncul bagian "Ekspor blog Anda". Silahkan klik tombol "Unduh Blog" untuk men-download backup-an posting dan komentar blogspot Anda.
  4. Jika Anda ingin mengembalikan atau meng-upload posting dan komentar yang di-backup tadi, caranya adalah dengan mengklik link "Impor Blog" yang ada pada langkah 3 di atas.
B. Backup Template
  1. Login pada akun blogspot Anda. Pada dasbor, klik link menu Tata Letak
  2. Kemudian piilih subtab Edit HTML.
  3. Pada bagian Backup/Restore Template, klik link Download Template Lengkap untuk mem-backup template blogger Anda.
  4. Jika Anda ingin mengembalikan template tadi, silahkan klik tombol Browse dan pilih backup template yang Anda download seperti pada langkah 3, kemudian klik tombol Unggah.
UNTUK WORSPRESS CMS:
A. Backup Posting (tulisan) + Komentar:
  1. Login ke akun Wordpress Anda. Kemudian klik menu Export yang ada pada bagian Tools.
  2. Selanjutnya klik tombol Download Export File. Yang bisa kita backup adalah posts (artikel yang kita tulis, pages, comment, custom fields, categories, dan tags.
  3. Jika ingin mengembalikan (restore) data tersebut, silahkan klik tombol Import yang juga ada pada bagian Tools. 
  4. Selanjutnya pilih "Wordpress" untuk meng-upload data backup-an yang kita simpan dari langkah 2 tadi. Salah satu yang menarik adalah bahwa kita juga bisa meng-import konten (posting dan komentar) dari provider lain seperti Blogspot (Blogger). Artinya, backup-an yang Anda peroleh dari langkah 3 bagian A pada Blogspot di atas juga bisa Anda import ke dalam Wordpress CMS Anda.
B. Backup File Wordpress CMS:
Untuk contoh bagaimana cara backup file website Wordpress CMS, kita akan gunakan Wordpress CMS yang disimpan di hosting gratis Www.000webhost.Com. Untuk itu, ada baiknya pembaca membaca terlebih dahulu artikel mengenai layanan hosting gratis di Www.000webhost.Com. Klik di sini.
  1. Login pada akun hosting Anda. Dalam hal ini kita contohkan pada Www.000webhost.Com.
  2. Setelah masuk ke halaman control panel, klik menu Backups yang ada pada bagian Files.

  3. Selanjutnya klik tombol Generate New Fresh Backup. Setelah itu Anda akan diminta untuk menunggu sampai proses backup selesai (sekitar 5 menit).

  4. Jika backup selesai, pada tabel yang ada di bagian "Files on Remote Backup Server" akan terlihat hasil backup file website Wordpress Anda.
  5. Anda juga akan melihat muncul tombol baru bernama "Make Backups Available for Download". Jika Anda ingin men-download hasil backup-an tersebut ke komputer Anda, klik terlebih dahulu tombol tersebut agar backup-an website Anda bisa di-download. Jika berhasil, maka pada tabel yang ada di bagian "Backups Available for Download" akan terlihat backup-an file website Anda. Silahkan klik nama file tersebut untuk men-download-nya.



  6. File yang Anda download tersebut bisa Anda upload lagi jika Anda ingin memindahkan file website dari komputer ke hosting online.
C. Backup Database Website:
Pada bagian A, Anda hanya akan mem-backup post, pages, comment, custom fields, categories, dan tags. Namun, langkah paling aman untuk melindungi website Wordpress Anda adalah dengan mem-backup databasenya karena database ini wajib diperlukan untuk menjalankan website Wordpress CMS Anda. terutama jika satu waktu website Anda rusak secara keseluruhan (seperti kasus hacking yang saya alami).
  1. Masuk ke akun hosting Anda.
  2. Klik menu phpMyAdmin.
  3. Jika sudah masuk ke dalam halaman phpMyAdmin, pilih database website yang ingin Anda backup. Selanjutnya klik menu Export yang ada di bagian atas.
  4. Pada bagian "Export", pilih "SQL", pada bagian "Structure" silahkan centang semua pilihan.
  5. Centang bagian "Save as file", kemudian klik tombol Go.

  6. Jika Anda ingin menyimpan database tersebut ka dalam localhost, silahkan pilih menu Import pada halaman phpMyAdmin di localhost Anda.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

18 komentar on "Cara Melakukan Backup Website atau Blog"



Post a Comment