Wordpress Sebagai CMS Dan Perbedaannya Dengan Blog Wordpress

This item was filled under ,

Bagi pembaca yang senang dengan dunia blogging tentu kenal dengan provider yang satu ini. Wordpress bisa dikatakan provider penyedia layanan blog gratis, sama seperti blogspot. Jika kita mempunyai blog di blogspot, maka URL blog kita akan berakhiran "blogspot.com", maka jika di wordpress akan berakhiran "wordpress.com". Disini saya tidak akan membahas tutorial blog yang membahas bagaimana cara membuat blog wordpress. Meskipun demikian, tidak ada salahnya pembaca mencoba provider yang satu ini. Silahkan klik disini untuk mendaftar. Yang akan kita bahas tentang wordpress disini adalah keunggulannya yang lain.

Menurut saya ada 1 kelebihan wordpress dibandingkan dengan blogspot. Jika blogspot hanya memberikan layanan blog gratis, wordpress ternyata juga menyediakan layanan modul CMS. CMS merupakan singkatan dari content management system, yaitu sistem web yang memungkinkan kita dengan sangat mudah mendapatkan sebuah website utuh tanpa harus mendesain dari dasar misalnya dengan dreamweaver, mengelolanya semudah mengggunakan blog, serta mendapatkan sistem web secanggih website pada umumnya karena merupakan web yang dinamis (bisa dibilang lebih canggih dari blog karena blog memang dibuat lebih sederhana).

Saya pernah menyebut salah satu CMS yang cukup dikenal yaitu Joomla. Joomla juga merupakan modul yang sangat canggih menurut saya. Canggih karena sangat powerfull untuk berbagai tujuan. Banyak fitur-fitur yang ada didalamnya. Namun, kita akan membahas lebih dahulu penggunaan wordpress. Bukan karena Joomla lebih rumit (kalau sudah beratribut CMS pasti mudah menggunakannya), tetapi karena wordpress CMS ini memang lebih sederhana sehingga kita bisa belajar secara perlahan namun pasti. Modul wordpress CMS ini bisa kita download dari situs resminya di www.wordpress.org.

Kita akan mendapatkan sebuah paket modul wordpress CMS. Modul inilah yang akan kita instal sehingga mendapatkan sebuah website utuh yang siap pakai. Cara instalasi itu sendiri akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Web yang kita dapatkan tersebut tentu berbeda dengan blog di wordpress.com. Jika di wordpress.com, blog yang kita buat dapat digunakan langsung secara online dan mempunyai sebuah URL berakhiran wordpress.com misalnya "http://webcantik.wordpress.com", maka wordpress CMS yang kita instal tersebut perlu disimpan ke server terlebih dahulu (dihostingkan) dan harus mendapatkan sebuah domain juga. Hal yang terkahir ini sama seperti kita mendesain web dari awal seperti mendesain web dengan dreamweaver. Mengenai perbedaan ini, silahkan pembaca buka disini. Intinya, web yang kita dapat dengan menginstal wordpress CMS merupakan web utuh yang siap pakai namun masih perlu dihostingkan dan membutuhkan domain agar bisa di buka secara online.

Lantas apa untungnya menggunakan wordpress CMS dibandingkan blog di wordpress.com? Karena kita memperoleh modul wordpress CMS kemudian menginstal modul tersebut, berarti kita mendapatkan sebuah desain web yang utuh yang mana file-file web tersebut bisa kita edit sesuka hati kita termasuk mengganti template memakai free wordpress theme yang bisa kita download secara gratis maupun yang premium. Berbeda halnya ketika masih sebagai blog yang menumpang di wordpress.com, kita hanya boleh mengganti theme wordpress menggunakan template standart yang sudah disediakan oleh provider wordpress dan tidak bisa mengeditnya. Kita juga dibatasi dalam menambah plugin yang mungkin sangat dibutuhkan.

Bagaimana perbandingannya dengan blogspot? Kalau yang ini sebenarnya sebagian sudah sering saya singgung. Namun, saya berpikir untuk tidak mengekspose perbedaannya terlalu banyak. Saya ingin kita melihat perbedaannya ketika mencoba karena setiap orang memberikan penilaian terhadap sesuatu itu berbeda-beda. Yang pasti, tidak mungkin saya membahas kalau tidak ada keunggulan yang bakal kita dapat. Well, kita akan lanjutkan mengenai penggunakan modul wordpress CMS ini pada postingan selanjutnya.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

18 komentar on "Wordpress Sebagai CMS Dan Perbedaannya Dengan Blog Wordpress"



Post a Comment