Panduan Membuat Blog di Blogspot

This item was filled under

Setelah cukup panjang bercuap-cuap dipengantar tutorial website, sekarang sudah saatnya kita terjun langsung ke TKP (Tempat Kita Praktek).
Saya akan awali dengan memaparkan langkah-langkah membuat blog di Blogspot. Sebenarnya ada banyak provider yang menyediakan tempat buat kita untuk ngeblog, seperti wordpress, multiply, friendster, dan lain-lain. Tentu ada perbedaan dari masing-masing provider terutama fitur yang diberikannya, dan tergantung kita mau milih yang mana. Jika fitur yang kita inginkan ternyata disediakan oleh provider yang satu, tentu kita akan memilih ngeblog disana. Namun, saya tidak akan membanding-bandingkan keunggulan masing-masing provider terkait blognya disini karena kurang etis menurut saya. Toh bagi saya semua blog akan sama saja jika memang tujuannya baik, dan yang pasti tergantung dari diri kita sendiri. Mungkin pembaca bertanya-tanya, lantas kenapa penulis memulai dengan tutorial membuat blog di blogspot?
Pertanyaan bagus. Ya karena salah satu perbedaan blogspot (perbedaan bukan berarti keunggulan lho) adalah kita diperbolehkan melakukan memodifikasi halaman blog kita, baik itu modifikasi template, tulisan, maupun menambah fitur-fitur lain yang kita anggap bagus dan menarik. Tentu hal ini sangat cocok bagi kita yang memang ingin mengembangkan kemampuan per-website-annya dan mau mencoba tantangan berkreasi pada blog sendiri.

Baiklah, berikut langkah-langkah membuat blog di blogspot:
  1. Buka alamat www.blogger.com pada browser Anda.
  2. Pada bagian sebelah kanan Anda akan menemukan tanda panah yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.



    Klik tulisan tersebut, dan ikuti langkah selanjutnya.
  3. Anda akan masuk pada halaman pembuatan akun Google. Langkah ini bertujuan untuk menciptakan akun yang akan Anda gunakan untuk masuk ke blog Anda. Nah, bagi Anda yang telah mempunyai akun Google baik itu dari Gmail atau yang lainnya bisa langsung menggunakannya. Untuk itu, klik link yang bertuliskan Slogin terlebih dahulu pada bagian atas form.



    Bagi pembaca yang ingin mengetahui cara menciptakan akun Google silahkan klik disini. Sedangkan bagi Anda yang belum mempunyai akun Google silahkan isi form tersebut. Perlu diperhatikan bahwa alamat email yang harus diisi pada form tersebut boleh alamat email dari mana saja, asalkan benar-benar sudah ada. Setelah semuanya diisi, klik tanda panah yang bertuliskan Lanjutkan.
  4. Anda akan masuk pada langkah berikutnya, yaitu penamaan blog Anda. Isian Judul Blog merupakan nama blog Anda yang akan Anda buat, sedangkan isian Alamat blog merupakan domain blog atau URL blog Anda yang akan dituliskan pada address bar browser jika ingin mengunjungi blog Anda. Setelah mengisi semuanya, klik lagi tanda panah dengan tulisan Lanjutkan.
  5. Langkah selanjutnya yang merupakan langkah terakhir adalah memilih template blog Anda. Template ini merupakan tampilan dari blog Anda. Silahkan pilih template yang sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Pasti tidak sedikit diantara pembaca yang merasa kalau template yang ditawarkan disana kurang menarik atau yang lainnya. Tenang saja, template-template tersebut hanya sebagian kecil dari template blogger yang bisa Anda gunakan. Setelah ini kita akan belajar bagaimana mengganti template blogger yang sesuai dengan selera Anda atau memodifikasinya. So, jangan kemana-mana yach :). Pilih terlebih dahulu salah satu template tersebut. Kemudian klik tanda panah dengan tulisan Lanjutkan.
  6. Selanjutnya akan muncul halaman pesan yang mengatakan bahwa Blog Anda sudah jadi!. Maka klik tanda panah yang bertuliskan Mulai Blogging.
Oke, akhirnya sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog dengan alamat seperti yang Anda isikan pada langkah ke-4 diatas. Setelah mengklik tanda panah dengan tulisan Mulai Blogging, Anda akan masuk pada halaman pembuatan/penulisan postingan yang baru. Halaman itulah yang akan Anda gunakan jika ingin menulis konten yang ingin Anda tampilkan pada blog Anda. Tapi, sebelum kita melangkah kesana, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu halaman administrator kita. Pada blogger, halaman administrator atau control panel ini biasa disebut sebagai Dasbor (Dashboard). Perhatikan link dengan tulisan Dasbor dibagian kanan atas.



Klik link tersebut. Anda akan masuk pada halaman dasbor blog Anda. Dari halaman inilah Anda bisa memulai mengelola blog yang telah Anda ciptakan serta mengedit profil Anda. Ada satu hal yang penting untuk Anda ketahui, yaitu Anda boleh memiliki banyak blog pada blogger dengan menggunakan hanya satu akun Google yang telah Anda ciptakan sebelumnya. Asyik bukan? Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik link Buat Blog yang ada disebelah kanan, dan Anda akan kembali pada proses pembuatan blog baru.

Selamat mencoba...

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

9 komentar on "Panduan Membuat Blog di Blogspot"



Post a Comment