Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger

This item was filled under ,

Beberapa hari yang lalu, salah seorang pembaca di blog ini bertanya tentang kasus yang beliau alami ketika mengganti layout blog dengan template yang telah di downloadnya dari sini. Muncul pesan seperti dibawah ini ketika mencoba untuk menginstal template blogspot tersebut:

Please correct the error below, and submit your template again.
The new widget id "Recent-Comments-Widget" is invalid for type: Feed

Setelah saya mencoba lagi menginstal template tersebut, ternyata saya mengalami kejadian yang sama. Tadinya saya sedikit heran karena dulu ketika mencoba template tersebut, saya tidak mengalami kejadian seperti itu. Setelah saya perhatikan struktur widget tersebut dan saya coba bandingkann dengan struktur yang lain baik pada template yang sama maupun yang lain, ada kemungkinan sekarang ini blogspot sangat sensitif dengan penamaan ID yang kita defenisikan sendiri (tentang ID css bisa dibaca disini dan disini).

Atribut ID yang kita berikan pada widget harus sesuai dengan tipe widget itu sendiri. Artinya kita tidak lagi bisa secara bebas memberikan nama sebagai atribut ID widget pada template kita. Secara default, ketika kita menambah sebuah widget melalui perintah tambah gadget pada halaman Tata Letak, maka secara otomatis nama atribut ID widget tersebut akan sama dengan tipe widget itu sendiri dan ditambah dengan angka didepannya agar tetap spesifik dengan widget lain yang sejenis atau setipe. Misalnya kita menambah sebuah widget Feed, maka ID widget adalah "Feed1" (angka 1 dibelakang Feed menunjukkan Feed yang keberapa). Jika kita menambah Feed baru, maka ID Feed baru tersebut akan menjadi "Feed2", dan seterusnya. Supaya lebih jelas, struktur widget Feed yang kita tambahkan akan seperti ini:

<b:widget id='Feed1' locked='true' title='Recent Comment' type='Feed'>

Padahal, sebelum kasus diatas muncul, kita bebas memberikan nama atribut sebagai ID widget yang kita tambahkan, misalnya mengganti strukturnya menjadi

<b:widget id='komentarku' locked='true' title='Recent Comment' type='Feed'>

Namun, karena sepertinya blogspot sensitif dengan atribut ID yang seperti itu, maka kita harus merubah ID widget kita yang nama atribut ID-nya kita buat sendiri menjadi sesuai dengan tipe widget tersebut sesuai contoh yang diatas, agar tidak terjadi invalidasi ID seperti kasus yang saya alami.


Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

9 komentar on "Mengatasi "Invalid Widget ID" pada Blogger"



Post a Comment