Membuat Kotak Komentar dibawah Posting

This item was filled under

Pada blogspot, fasilitas kotak komentar pada awalnya hanya bisa dimunculkan memalui halaman atau jendela baru, bukan pada halaman posting yang ingin dikomentari tersebut, sehingga terkadang membuat pengunjung menjadi repot karena harus membuka halaman baru jika ingin memberikan komentar. Sebenarnya pada saat itu, kotak komentar bisa dimunculkan langsung dibawah posting, namun untuk melakukannya kita perlu sedikit merombak struktur HTML template kita. Namun, sejak beberapa waktu yang lalu, blogspot telah memberikan fasilitas membuat kotak komentar dibawah posting tanpa harus mengotak-atik struktur template kita. Hal ini tentu sangat bagus sekali terutama bagi kita yang telah mengganti template blogspot dan ingin melengkapi fiturnya sehingga terkesan tidak tanggung-tanggung. Tetapi, untuk saat ini, fasilitas tersebut masih dalam tahap pengonsepan dari blogspot, sehingga untuk mengaktifkan fasilitas tersebut, kita melakukannya melalui halaman Draft.
Untuk itu, kita akan masuk ke halaman http://draft.blogger.com, bukan lagi http://blogger.com. Berikut langkah-langkah setting kotak komentar dibawah posting:
  1. Silahkan klik link akun draft diatas untuk masuk ke dasbor pembaca.Klik link menu Pengaturan, kemudian pilih sub menu Komentar.
  2. Pada bagian "Penempatan Formulir Komentar", pilih opsi "Disemat di bawah entri".
  3. Klik tombol SIMPAN SETELAN, kemudian lihat hasilnya.
Jika telah berhasil, maka kita akan melihat kotak penulisan komentar muncul langsung dibawah posting. Namun, berdasarkan pengalaman saya ketika mencoba menempatkan kotak komentar dibawah post tersebut, langkah-langkah diatas terkadang tidak berhasil. Ini mungkin disebabkan template yang sudah dimodifikasi dari yang default. Untuk template yang baru atau belum dilakukan modifikasi template blogspot yang dipakai, kemungkinan besar akan berhasil. Maka saya akan memberikan langkah tambahan agar pekerjaan kita memunculkan kotak komentar dibawah posting tersebut bisa berhasil.
  1. Pada dasbor pembaca, klik link menu Tata Letak, kemudian pilih sub menu Edit HTML. Beri tanda centang pada kotak kecil yang ada tulisan Expand Template Widget agar struktur kompleks template kita bisa terlihat.
  2. Lakukan terlebih dahulu backup template dengan mengklik link Download Template Lengkap, agar jika terjadi kesalahan dalam melakukan perubahan, bisa mengembalikannya pada keadaan semula.
  3. Cari bagian dibawah ini:

    <p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl'
    expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>

    </b:if>

    </p>

  4. Ganti struktur diatas dengan struktur berikut. Setelah itu klik tombol SIMPAN TEMPLATE.

    <p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
    <b:include data='post' name='comment-form'/>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl'
    expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>

    </b:if>
    </b:if>
    </p>
Semoga langkah-langkah diatas sudah bisa membantu pembaca dalam memunculkan kotak komentar tepat dibawah posting.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

19 komentar on "Membuat Kotak Komentar dibawah Posting"



Post a Comment