Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (4)

This item was filled under ,

Sebelum masuk lebih dalam lagi ke alam tidur (kayak hipnotis aja :D) membaca postingan ini, saya menyarankan Anda untuk membaca 3 postingan sebelumnya yang berhubungan dengan postingan ini agar lebih mudah dalam memahaminya. Tenang saja, semua tutorial dreamweaver ini gratis buat pembaca sekalian, tanpa mengenal batas usia dan apalah....halah...^^
  1. Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (1)
  2. Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (2)
  3. Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (3)
Postingan ini sebenarnya ingin saya tulis pada bagian yang ke-3, namun saya berpikir untuk membaginya agar lebih enak mempelajarinya. Masih pada cara membuat web dengan dreamweaver, berikut langkah-langkahnya:
  1. Saya asumsikan pembaca telah melakukan pengaturan Site yang ingin Anda buat. Jika belum melakukannya tidak masalah, kita bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  2. Buka program Dreamweaver pada komputer Anda.
  3. Pilih menu File --> New (Ctrl + N), maka akan muncul sebuah kotak dialog New Document.
  4. Pilih tab General. Pada kotak Category pilih Basic Page, sedangkan pada kotak Basic Page, pilih HTML. Kemudian klik tombol Create.
  5. Simpan terlebih dahulu dokumen baru tersebut ke dalam folder gud_webku yang telah kita buat pada postingan Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (3). Jika pembaca tidak melakukan langkah-langkah pada postingan tersebut, silahkan simpan di sembarang folder. Simpan dengan nama index.html.
  6. Di dalam Panel Files pada bagian Local view, akan muncul sebuah file baru di dalam folder gud_webku bernama index.html. Double klik file index.html untuk membuka halaman index.html dan melakukan editing pada file tersebut.
  7. Sekarang coba pembaca menulis sebuah kalimat : "Ini Halaman Utama" pada file tersebut. Silahkan berkreasi dengan Properties untuk mengatur warna, jenis, dan ukuran tulisan. Misalkan kita memberi warna Merah.
  8. Pilih File --> Save untuk meyimpan perubahan yang telah kita lakukan.
  9. Kembali ke bagian Panel Files. Sekarang pilih Remote View. Pembaca akan melihat folder rem_webku namun belum terdapat file didalamnya karena belum kita masukkan file apapun.
  10. Pada Dreamweaver, terdapat fasilitas Put dan Get. Fasilitas ini diperlukan untuk melakukan pemindahan file web dari komputer ke server atau sebaliknya. Jika kita ingin memasukkan file web ke server atau biasa disebut sebagai upload, maka kita pilih site pada bagian Local view, kemudian melakukan Put (artinya kita memindahkan file dari local ke server). Sedangkan jika kita ingin melakukan perubahan atau modifikasi file yang ada pada server, maka kita bisa mendownloadnya ke local dengan memilih server view dan melakukan Get (artinya kita mengambil file dari server ke local). Untuk memindahkan file index.html yang telah kita simpan pada folder local (gud_webku) ke dalam folder remote (rem_webku), masuk ke bagian Local view lalu klik tombol Put berupa tanda panah ke atas yang berwana biru.
  11. Setelah melakukan langkah 10, masuk kembali pada bagian Remote view. Pembaca akan melihat file index.html telah ter-copy pada folder rem_webku.
  12. Sekarang kembali lagi pada Local view (aduh..capek nih bolak balik..hihhiihi). Buatlah sebuah halaman baru seperti pada langkah 4. Isi halaman baru tersebut dengan tulisan :"Ini Profile Saya". Kemudian simpan dengan nama "profile.html". Sekarang akan ada file profile.html pada folder gud_webku.
  13. Double klik kembali file index.html, sehingga kita akan masuk pada halaman editing index.html tersebut. Buatlah sebuah tulisan lagi misalnya :"Profile". Pada bagian ini kita akan mencoba membuat sebuah link dimana ketika kita mengklik tulisan Profile tersebut pada halaman utama, maka akan menuju ke halaman profile.html yang telah kita buat.
  14. Drag tulisan "Profile" tersebut. Setelah itu, pada bagian Properties, perhatikan sebuah kotak dengan tulisan Link. Kotak itu berfungsi untuk menuliskan URL halaman yang akan dituju jika kita mengklik link.
    Karena kita ingin menuju file profile.html tadi, klik tombol gambar folder yang ada disamping kanan kotak tersebut. Maka akan muncul kotak dialog memilih file yang akan dituju. Pilih file profile.html pada folder gud_webku yang telah kita buat pada langkah 12.
  15. Pilih menu File --> Save untuk menyimpan perubahan yang telah kita lakukan.
  16. Lakukan Put File(s) seperti langkah 10 untuk memasukkan file tersebut kedalam folder remote.
  17. Pembaca juga boleh melihat kode-kode HTML yang telah tercipta pada halaman web yang Anda buat tersebut dengan memilih layar Code.
  18. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka kembali file index.html (double klik dari bagian Panel Files) lalu tekan tombol F12 pada keyboard Anda, atau dapat langsung mengklik file index.html dari folder rem_webku.
Oke, itu merupakan langkah-langkah dasar yang bisa kita lakukan dalam membuat web dengan Dreamweaver. Saya harap pembaca sudah sedikit memahami bagaimana sebuah software web design seperti Dreamweaver digunakan dalam membuat web. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain yang bisa kita dapatkan dari Dreamweaver. Tapi paling tidak, pembahasan yang telah saya postingkan tersebut bisa memberikan pencerahan dasar bagi pembaca yang memang ingin mendesain website sederhana atau mengerti apa dan bagaimana sebenarnya website itu. Artinya, kita tidak perlu mengetahui terlalu dalam jika memang tidak membutuhkannya. Apalagi sekarang kita bisa memanfaatkan blog dan CMS yang serba gratis dan mudah digunakan. Yach, paling tidak bisa dimanfaatkanlah jika ingin mempermak blog, atau bisa mengerti apa yang sedang kita gunakan dan kita edit :D.

Selamat Mencoba...

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

32 komentar on "Membuat Web Menggunakan Macromedia Dreamweaver (4)"



Post a Comment