Memanfaatkan Fitur Post Revisons pada Wordpress

This item was filled under

Ada begitu banyak sebenarnya kelebihan yang bisa kita dapatkan dari paket blog atau pun web CMS yang kita gunakan baik itu Blogspot, Wordpress, maupun CMS yang lain. Hanya saja terkadang kita belum tahu karena belum terlalu familiar dengan paket yang kita gunakan. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan rajin mengutak-atik blog atau website kita. Tapi yang ini memang membutuhkan rasa penasaran dalam diri kita. Meskipun kemampuan kita bisa dibilang terbatas, tapi jangan pernah takut mencoba, karena kita bisa belajar dari pengalaman atau kesalahan kita. Salah satu yang saya alami adalah ketika melakukan revisi salah satu tulisan terbaru di blog pribadi saya BanditBatak.Com yang menggunakan Wordpress CMS.

Tadinya saya berniat memperbaiki beberapa kata yang hurufnya kurang dan salah ketik. Maklum, kemarin tidak sempat membaca ulang lebih detail sebelum di-publish karena sudah keburu di usir satpam kampus karena ngenet sampe tengah malam (di kampus saya telah diberlakukan jam malam bagi mahasiswa). Akhirnya tadi sore pas membuka blog tersebut saya menemukan kesalahan itu dan mencoba memperbaikinya. Setelah itu langsung saya publish kembali. Kejadian burukpun terjadi. Saya sendiri kurang tahu pastinya kenapa kok tiba-tiba sebagian besar tulisan itu hilang. Tulisan yang saya maksud adalah tulisan setelah kata yang saya edit tadi. Saya tahunya setelah membuka blog itu kembali beberapa saat kemudian. Saya sih menduga ini dikarenakan hal-hal seperti berikut:
  1. Mungkin saya tidak sengaja men-drag bagian yang terhapus tersebut padahal saya hanya bermaksud men-drag bagian yang ingin saya ganti.
  2. Saya langsung menganti bagian yang saya drag tersebut dengan huruf yang benar. Nah, saya mengantinya tidak melihat layar karena saya tidak hafal mati huruf-huruf di keyboard. Mungkin ini juga penyebab saya tidak sadar bahwa saya men-drag bagian yang tidak semestinya.
 
Screenshot sebelum rusak
 
Screenshot saat rusak
Sebanarnya saya sudah membackup tulisan itu di localhost. Namun, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan postingan kita dengan isi tulisan yang sebelumnya. Pada Wordpress CMS ini tersedia fitur Post Revisions yang menampilkan informasi tentang kapan saja kita melakukan revisi pada posting kita sekaligus menampilkan kembali isi posting pada saat revisi tersebut. 
Silahkan lihat dibagian paling bawah halaman edit posting pada dashbor Wordpress Anda. Tinggal memilih melihat isi pada revisi yang mana dengan mengklik link seperti gambar di bawah ini.
Dengan bantuan fitur post revisions ini pula saya bisa mengembalikan isi postingan saya menjadi seperti sedia kala.
Masih banyak lagi kehebatannya? Hoho..Tentu saja. I'll share them for all of you ^_^

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

1 komentar on "Memanfaatkan Fitur Post Revisons pada Wordpress"



Post a Comment