Membuat Halaman Contact Me pada Wordpress

This item was filled under

M
embuat halaman contact me pada Wordpress CMS
relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan Blogspot. Bagi pembaca yang mungkin kurang paham dengan apa yang dimaksud halaman contact me, silahkan baca di sini. Adapun contoh halaman contact me pada Wordpress bisa pembaca lihat di sini. Sedangkan cara membuat halaman contact me pada blogspot sudah kita pelajari sebelumnya di sini. Jika pembaca belum paham dengan yang namanya Wordpress CMS, bisa pembaca buka di sini. Dan lebih lengkapnya ada di sini. (Kebanyakan "di sini". Ha3x)
Untuk membuat halaman contact me pada Wordpress, seperti biasa, kita membuatnya dengan menggunakan plugin Wordpress. Mengenai apa itu plugin, pembaca bisa membacanya di sini. Plugin Wordpress yang akan kita gunakan bernama Contact Form 7. Klik di sini untuk download plugin tersebut. Berikut langkah-langkah membuatnya:
  1. Setalah Anda mendownload plugin Contact Form 7 tersebut, Anda harus menginstalnya ke dalam Wordpress CMS Anda dan mengaktifkannya. Adapun cara instalasi dan aktivasi plugin Wordpress, bisa pembaca lihat contohnya secara lengkap di sini.
  2. Jika plugin Contact Form 7 tersebut sudah aktif, maka bagian kiri dashbord Anda akan bertambah menu baru untuk setting Contact Form tersebut (lihat gambar).


  3. Selanjutnya klik menu Edit seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.
  4. Di halaman Edit Contact Form 7 tersebut, Anda akan melihat beberapa bagian diantaranya:

    • Bagian Form. Bagian inilah form email yang akan muncul pada halaman contact me. Bagian ini disusun atas beberapa tag yang Anda lihat di dalamnya. Contoh bentuk tag tersebut misalnya : [email* your-email]. Tag tersebut berfungsi untuk memunculkan isian email. Dan isian email tersebut diberi nama "your-email". 
    • Generate tag. Merupakan menu dropdown yang menyediakan tag-tag yang bisa Anda tambahkan pada bagian Form seperti yang saya jelasakan di atas. Misalkan kita ingin menambahkan sebuah checkbox ke dalam Form. Pada menu Generate tag tersebut silahkan pilih "Checkboxes".

      • Required field : untuk memilih apakah checkbox yang akan Anda buat wajib diisi atau tidak. 
      • Name : silahkan beri nama checkbox yang akan Anda buat.
      Selanjutnya di sebelah bawah, Anda akan melihat tag dari checkbox yang telag ter-genarate di bagian yang ada tulisan "Copy this code and paste it into the form left".
      Tag tersebutlah yang Anda copy paste ke bagian Form.

  5. Setelah itu, klik tombol Save yang ada di sebelah kanan atas.
  6. Setalah Anda menyimpan pengaturan tersebut, di atas bagian Form, Anda akan melihat muncul tag yang telah ter-genarate. Tag tersebutlah yang akan kita gunakan untuk membuat halaman contact me.

  7. Buatlah sebuah page baru pada Wordpress Anda dengan cara klik menu Add New pada bagian Pages. Beri judul halaman "Contact Me", kemudian pada bagian isinya, copy-kan tag yang Anda temukan pada langkah 6 di atas.

  8. Setalah itu, klik tombol Publish.
Okey, selamat mencoba.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

12 komentar on "Membuat Halaman Contact Me pada Wordpress"



Post a Comment