Cara Menghilangkan Noda pada Foto atau Gambar

This item was filled under ,

K
ali ini kita akan berbagi tips seputar editing foto atau gambar. Tips ini tidak berat-berat amat kok dan pasti sangat cocok untuk rekan-rekan yang hobi editing alias permak foto. Apalagi sekarang lagi musim Facebook yang mendorong kita semakin bertambah narsis. He3x. Semoga pembaca juga bisa memanfaatkannya untuk mendesain visual website atau blog Anda menjadi lebih bersih dan menarik dengan membaca tips ini.

Biasanya, foto yang diambil dengan menggunakan kamera dengan resolusi rendah hasilnya tentu tidak sebagus aslinya. Apalagi jika kamera atau gadget yang kita gunakan benar-benar jadul (seperti kamera HP saya). Hasilnya sering kali terdapat bintik atau noda-noda hitam yang membuat foto terlihat kotor.
Solusinya adalah dengan memanfaatkan software Photoshop, sebuah software image editing yang canggih dan sudah dikenal oleh umum. Namun, agar bisa menghilangkan noda pada foto tersebut, kita membutuhkan sebuah plugin Photoshop yang disediakan secara khusus untuk menghilangkan noda pada foto yang diambil dengan kamera resolusi rendah. Plugin tersebut bernama Imagenomic Noiseware Professional. Coba bandingkan kedua foto berikut ini:
Foto sebelum nodanya dibersihkan
(Foto sebelum dibersihkan)

Foto setelah nodanya dibersihkan
(Foto setelah dibersihkan)

Dengan menggunakan plugin Imagenomic Noiseware tersebut, noda yang membuat foto menjadi kotor bisa dihilangkan hanya dengan beberapa langkah saja. Namun, yang disayangkan adalah plugin ini tidak tersedia secara gratis. Mau gak mau, sebenarnya kita diharuskan untuk membelinya agar bisa memanfaatkan kegunaannya. Tapi kalau lagi kere dan mau sedikit repot, rekan-rekan bisa mencari crack Imagenomic Noiseware Professional dari Google. Sepertinya banyak yang menyediakan baik situs luar maupun dalam negeri (blog saya tidak termasuk salah satu penyedianya ya. He3x).

Well, silahkan mencoba plugin ini dengan men-download versi trial-nya dari sini.

Jika sudah menginstal plugin Photoshop tersebut, silahkan ikuti beberapa langkah singkat berikut:

  1. Buka foto yang ingin Anda hilangkan nodanya dengan Photoshop (ya iyalah, masak pake Corel Draw, kan gak nyambung). Pada contoh ini, saya menggunakan Photoshop CS 2.
  2. Pilih menu Filter --> Imagenomic --> Noiseware Professional.
  3. Akan muncul jendela editing. Silahkan atur menu-menu setting sedemikian rupa sampai Anda mendapatkan preview yang sesuai. Melalui jendela ini Anda bisa membandingkan hasil sebelum dan sesudah noda foto dibersihkan.
  4. Klik OK jika sudah dirasa cukup.
Artikel ini juga bisa dibaca di sini.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

3 komentar on "Cara Menghilangkan Noda pada Foto atau Gambar"



Post a Comment