Membuat Threaded Comment pada Blogspot Menggunakan Intense Debate

This item was filled under

B
eberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai cara membuat Threaded Commend pada Wordpress CMS dengan memanfaatkan Plugin WP Thread Comment. Keuntungannya bisa pembaca lihat pada postingan tersebut. Kita juga bisa membuat sistem komentasi dengan threaded comment tersebut pada Blogspot dengan menggunakan jasa layanan orang ketiga.Orang ketiga tersebut adalah Intense Debate. Caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkah membuat threaded comment pada Blogspot menggunakan Intense Debate:
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar pada situs resmi Intense Debate agar bisa menggunakan layananny. Klik disini untuk mendaftar.
  2. Setelah login pada akun Anda di Intense Debate, coba lihat bagian Manage Blogs/sites yang ada disamping kanan. Klik link Install Intense Debate.


  3. Anda akan diminta memasukkan alamat URL blog Anda. Setelah itu klik tombol Next Step.


  4. Selanjutnya Anda akan masuk pada tahap instalasi threaded comment dari Intense Debate. Di sana akan ada beberapa pilihan dan panduan dalam proses instalasi.

    • Pada bagian "How would you like to install IntenseDebate?", silahkan pilih Template  agar kita mengganti sistem komentasi utama Blogspot dengan Threaded Comment dari Intense Debate.
    • Pada bagian "Which blog posts should have IntenseDebate comments enabled?", silahkan pilih Only in new post agar sistem komentasi threaded comment hanya berlaku untuk posting-posting selanjutnya. Jika Anda menghendaki posting yang lama juga menggunakan Threaded Comment, maka pilih On all blog posts. Namun, jika Anda memilih opsi tersebut, komentar-komentar sebelumnya akan disembunyikan.
    • Pada bagian 3, klik link Open blogger.com. Anda akan melihat akun Blogspot Anda terbuka pada iframe di halaman instalasi Intense Debate Tersebut.


  5. Langkah selanjutnya adalah mengdownload Template Blog Anda yang akan dimodifikasi. Kita melakukannya tetap melalui iframe yang ada pada halaman instalasi Intense Debate tersebut. Klik link Tata Letak pada Blog yang ingin Anda buatkan Threaded Comment-nya.


  6. Kemudian pilih subtab Edit HTML.
  7. Pada bagian Backup/Restore Template, klik link Download Template Lengkap. Simpan template tersebut pada hardisk Anda.
  8. Sekarang lihat kembali bagian sebelah kiri dari Instalasi Intense Debate tersebut. Dibagian bawah Anda akan diminta untuk mengupload kembali template yang Anda download pada langkah 7 untuk dimodifikasi. Klik tombol Browse. Pilih template yang Anda simpan pada langkah 7 tadi. Kemudian klik tombol Upload File.


  9. Langkah selanjutnya adalah mengcopy template modifikasi pada Blog Anda. Lihat kembali bagian sebelah kiri pada halaman instalasi Intense Debate tepatnya pada step No. 3. Pada bagian itu terdapat kode template hasil modifikasi yang telah memiliki sistem komentasi dari Intense Debate. Copy seluruh kode template yang ada pada kotak kecil tersebut.


  10. Sekarang buka akun Blogspot Anda pada window atau tab browser yang lain. Klik link Tata Letak dari blog yang dimodifikasi tersebut. Kemudian pilih subtab Edit HTML. Paste kode template yang Anda copy pada langkah 9 ke dalam kotak Edit Template yang Anda buka tersebut. Kemudian klik Save Template.


Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

14 komentar on "Membuat Threaded Comment pada Blogspot Menggunakan Intense Debate"



Post a Comment