Update Link Google Pages Untuk Mencegah Miss Link

This item was filled under

S
udah tahu kan berita tentang rencana migrasi Google Pages Creator ke Google Sites?Google Pages Creator sendiri merupakan sebuah layanan gratis dari Google dimana kita bisa membuat website di dalamnya. Alamatnya adalah : "http://www.googlepages.com/". Namanya saja sudah "pages creator", yang maksudnya adalah pembuatan halaman website. Kita diberi sebuah "File Manager" sehingga bisa menyimpan file-file di sana. Nantinya alamat website kita menjadi : "http://namawebkita.googlepages.com/".
Sedangkan Google Sites sendiri menurut saya fungsinya sama dengan Google Pages Creator. Namun, ada perubahan fitur yang diberikannya. Salah satunya adalah proses pembuatan halaman website pada Google Sites. Setelah saya coba, sepertinya membuat halaman website di Google Sites lebih mudah dan hasilnya lebih bagus. Sangat cocok bagi yang ingin membuat website dengan tampilan cantik. Adapun alamatnya adalah : "http://www.site.google.com/". Sedangkan alamat website kita akan menjadi: "http://sites.google.com/site/namawebkita/".
Contoh website yang dibuat di Google Sites
Namun, ada permasalahan yang dimunculkan. Apa itu? Tentu saja masalah "LINK" atau "URL" file-file yang kita simpan sebelumnya pada Google Pages Creator. Sebagian dari kita mungkin pernah menyimpan file seperti gambar, CSS, HTML, dan sebagainya pada File Manager yang ada di Google Pages Creator dan menggunakan file tersebut pada website atau blog kita yang lain. Jika terjadi migrasi dari Google Pages Creator ke Google Sites, tentu akan terjadi pula perubahan "LINK' atau "URL" dari file-file tersebut. Akibatnya tentu terasa, file tersebut tidak bisa dibuka.

Sebagai ilustrasi, misalnya kita menyimpan sebuah gambar dengan nama "sibuya.jpg" pada Google Pages Craator, maka alamatnya sebelumnya adalah "http://namawebkita.googlepages.com/sibuya.jpg". Namun, karena terjadi migrasi tersebut, kemungkinan alamatnya akan diubah oleh Google menjadi: "http://bloggerhosting.appspot.com/serve/namawebkita.googlepages.com/sibuya.jpg". Ini bisa mengakibatkan terjadinya "missing link" atau link tidak ditemukan oleh browser.

Jika  kita menggunakan file-file tersebut pada Blogspot yang merupakan produk Google sendiri, "missing link" tersebut bisa kita cegah. Caranya:
  1. Buka halaman dasbor Blogspot Anda. Untuk saat ini, Google menampilkan semacam pengumunan untuk mengupdate link Google Pages yang kita miliki. Anda akan melihat bagian "Mutakhirkan Template".


  2. Klik link "Mutakhirkan dan tinjau".
  3. Jika blog Anda memiliki tautan ke file yang Anda simpan di Google Pages Creator, maka akan terlihat sebuah pesan seperti berikut:


  4. Silahkan klik "Update references".
  5. Selanjutnya masuk ke langkah pertama. Silahkan backup template blog Anda jika dirasa perlu. Setelah itu klik tombol Next.

  6. Di langkah kedua, klik tombol Update untuk mengupdate link file yang Anda miliki dan gunakan pada blog tersebut.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...