Cara Membuat Template Blogger Hasil Buatan Sendiri

This item was filled under ,

P
unya blog dengan template yang menarik pasti idaman banyak orang. Apalagi kalau buatan sendiri, pasti ada rasa puas yang muncul. Selama ini, tidak semua orang bisa merancang template blog karena kurang paham dengan PHP atau XML. Ahirnya mendownload template gratis atau bayar dari internet menjadi pilihan. Konsekuensianya, kita "terpaksa" menyertakan link si desainer template pada blog kita dan siap-siap menemukan orang yang memakai template yang sama dengan kita. Tapi itu dulu (sebelum jewaratan ^_^). Sekarang Blogspot semakin memanjakan penggunanya. Kita bisa membuat template blogspot dengan lebih mudah. Cuma perlu klik sini klik sana. Benar-benar prinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get). Tidak perlu lagi berurusan dengan bahasa XML. Gak percaya? Mari kita lihat sama-sama :
  1. Silahkan login ke dasbor blogspot Anda.
  2. Klik link menu Tata Letak. Di bagian bawah tab Tata Letak tersebut, bertambah sebuah subtab menu baru yang bernama Percancang Template.

    Melalui menu tersebutlah kita meracancang template blogger buatan sendiri. Silahkan klik menu tersebut. Kita akan diarahkan pada halaman "Blogger Template Designer".
  3. Di sana terdapat beberapa menu pembuatan template, yaitu Template, Background, Layout, dan Advanced. Mari kita otak-atik satu persatu.
  4. Menu Template : pada menu ini, kita bisa memilih jenis template yang telah disediakan oleh Blogspot. Ini hanya sebagai template dasar saja. Istilahnya template master. Silahkan pilih salah satu, misalnya jenis "Simple". Di sana juga terdapat beberapa sub pilihan template dari jenis "Simple". Anda boleh memilih salah satunya.
  5. Menu Background : pada menu ini, kita memilih gambar-gambar yang telah tersedia untuk dijadikan sebagai background template blog rancangan kita. Menariknya, Blogspot telah menyediakan banyak gambar yang bisa kita gunakan. Jenis-jenisnya juga sangat banyak. Suatu saat, kita mungkin akan bisa memakai gambar milik kita sendiri.
    Anda juga bisa memilih warna utama template blog rancangan kita dengan mengklik pilihan pada "Main color theme".
  6. Menu Layout : menu ini cukup penting. Melalui menu ini kita mendesain layout blog hasil rancangan kita. Pada menu ini terdapat 3 sub menu:
    • Body layout : mengatur jumlah kolom, jumlah sidebar, dan penempatan sidebar pada template rancangan.
    • Footer layout : hampir sama dengan "body layout", hanya saja sub menu ini dikhususkan untuk mengatur jumlah kolom pada footer.
    •  Adjust width : berguna untuk mengatur lebar template yang ingin kita rancang, baik lebar keseluruhan (entire blog), maupun lebar tiap sidebar blog kita (left sidebar atau right sidebar).
  7. Menu Advanced : menu ini bertujuan untuk mengatur bentuk tulisan dan pewarnaan tulisan dari template yang kita rancang. Misalnya jenis font judul blog, warnannya, ukuran fontnya, dan sebagainya.
Jika Anda merasa sudah puas dengan rancangan Anda, silahkan klik tombol APPLY TO BLOG yang ada di sudut kanan atas. Kemudian silahkan lihat hasilnya.

Bagi yang ingin tantangan di dunia pemrograman web, fitur yang satu ini mungkin dianggap bisa membuat orang menjadi malas belajar bahasa pemrograman website. Tapi bagi yang ingin kemudahan, fitur ini menjadi kabar gembira. Itu adalah pilihan Anda masing-masing.

Bookmark and Share

POSTINGAN LAIN YANG BERHUBUNGAN :




Dapatkan Tutorial Website Via Email:

Setelah membaca artikel diatas, jangan lupa ngasi komentar ya...

13 komentar on "Cara Membuat Template Blogger Hasil Buatan Sendiri"



Post a Comment